Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 18 September 2009

Lima Wasit Di Liga Eropa

Banyaknya kejadian yang luput dari perhatian wasit menjadi perhatian tersendiri dari UEFA. Demi menjaga sportivitas dalam pertandingan sepak bola, UEFA berencana menerapkan metode pengawasan baru di lapangan.

Kalau biasanya wasit ditemani dua asisten, sekarang akan dibantu empat orang asisten. Jadi, total wasit yang akan bekerja di lapangan ada lima orang. Format baru ini diterapkan mulai pekan ini juga.

Penambahan jumlah asisten dalam satu pertandingan diharapkan bisa mengurangi insiden yang disebabkan oleh wasit dalam menilai aksi pemain. Kesalahan itu biasanya banyak ditunjukkan oleh kamera televisi yang merekam kejadian di lapangan dari berbagai sudut.

Nantinya, tetap satu wasit yang memimpin pertandingan. Dua wasit membantu di garis pinggir (hakim garis). Dua lagi membantu di sisi gawang. Dua wasit tambahan ini bertugas mengamati dengan lebih cermat apakah terjadi pelanggaran saat tendangan sudut, tendangan bebas, serta untuk memastikan apakah bola sudah melewati garis gawang.

Format baru ini sudah mendapatkan pujian dari pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. Dia menilai, format ini akan sangat bermanfaat dalam serangan balik. "Dengan kecepatan pemain muda sekarang, sulit bagi wasit untuk mengejarnya. Ini adalah perkembangan baru dan perkembangan itu sangat penting," kata Ferguson.

0 komentar:

Posting Komentar